Sekolah Memetakan Kemampuan Siswa

Menjelang ujian nasional (UN) yang akan dilaksanakan Mei mendatang, pihak sekolah di Bandar Lampung mulai memetakan kemampuan siswa. Senin (28-1), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota menggelar latihan ujian nasional (LUN) yang diikuti semua SMP negeri dan SMP swasta di Bandar Lampung.

Ketua MKKS SMPN Bandar Lampung Haryanto mengatakan kini naskah soal sudah selesai dibuat tim guru yang terdiri dari guru senior dan berkompeten di bidangnya. “Untuk satu mata pelajaran digarap lima guru, semua soal yang dibuat mengacu kepada standar kompetensi lulusan (SKL) yang diberikan Depdiknas,” kata Haryanto, Kamis (25-1).

Sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat, mata pelajaran UN bertambah menjadi 4 mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan IPA. “LUN pertama dilaksanakan pukul 13.00 selama empat hari, Senin–Kamis (28–31-1). Ini agar tidak mengganggu kegiatan belajar-mengajar, setiap hari diujikan satu mata pelajaran,” ujar Haryanto.

Sementara itu, pihak SMA juga tidak ketinggalan. Kini MKKS SMAN Kota Bandar Lampung bekerja sama Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) membuat naskah soal LUN. Ketua MKKS SMAN Sobirin mengatakan LUN 1 akan berlangsung pada 25–27 Februari mendatang. MKKS sudah membentuk tim guru pembuat naskah soal LUN. “Naskah soal LUN bukan dibuat berdasar pada soal-soal UN sebelumnya, tetapi berdasar pada SKL yang sudah diedarkan Depdiknas.”

Sesuai dengan ketentuan pusat tentang penambahan mata pelajaran UN, LUN juga diujikan untuk enam mata pelajaran, yaitu untuk Jurusan IPA (Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Kimia, Fisika, dan Biologi). Jurusan IPS (Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi). Jurusan Bahasa (Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Bahasa Sastra Indonesia, Bahasa Asing, dan Antropologi).

Menurut Sobirin, selain membuat soal LUN, pihak MKKS juga menganalisis kerawanan mata pelajaran di setiap mata pelajaran UN. “Berdasar pada analisis MKKS, tiga mata pelajaran yang di-UN-kan kemarin masih menjadi momok, terutama Matematika dan Bahasa Inggris. Kami belum tahu untuk tiga mata pelajaran tambahan ini, tetapi semua tidak bisa diabaikan, pihak sekolah dan siswa harus benar-benar siap menghadapi UN 2008,” ujarnya. n RIN/S-2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: